OBAT RINDU MENUJU BADAI BERLALU


                                   
 Oleh  RUDIANTO



Seiring dengan wabah corona yang melanda seluruh dunia, khususnya di Indonesia sudah hampir setengah tahun menjalani masa pandemik. Aturan masa pandemik yang tidak boleh mengumpulkan masa lebih dari lima orang  dan aturan aturan lainnya yang membatasi ruang gerak untuk beraktifitas di luar rumah. Pembatasan ini pun berpengaruh  pada penyelenggaraan pendidikan , sehinggga  program pendidikan boleh di katakan  untuk satu semester kegiatan mengajar tatap muka tidak terlaksana.

Selama masa pandemik menjelang  badai  berlalu  kegiatan belajar mengajar dialihkan engan pola belajar dalam jarringan (Daring) atau Luar Jaringan (Luring). Pelaksanaan kegiatan bisa berupa  pemberian tugas melalui Whatsap atau belajar langsung melalaui zoom meeeting (Daring), sedangkan untuk Luring berupa pemberian tugas dari buku pelajaran atau LKS dari guru mata pelajaran. 

Namun perlu di ketahui kita tidak bisa menutup mata bahwa pembelajaran melalui daring atau luring belum membuahkan hasil yang di harapkan. Hal ini di sebabkan tidak semua anak memiliki HP Android, kalau pun punya belum tentu mampu membeli paket internet . Memang sekarang kita  berada di abad milenial namun pemenuhan finansial belum mendukung sepenuh nya. Di daerah perkotaan  mungkin sudah ada jaringan internet tapi di pedesaan belum sepenuhmya menikmati jaringan internet. otomatis sekolah sekolah di pedesaan sulit untuk melaksanakan belajar melalui Daring. Untuk kegiatan Luring, bila siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman materi jarang jarang bisa ketemu dengan gurunya  karena itu peran orang yang memiliki kopeten sangat di butuhkan.
                
RUDIANTO Kepala SMP N 4 Betara Tanjung Jabung Barat Jambi,selama masa pandemik sudah ada bebrapa anak yang mengirim SMS dan mendatangi rumah kediaman nya,yang menanyakan kapan kita belajar di sekolah. Pertanyaan pertanyaan tersebut Cuma di jawab tunggu lah sampai badai berlalu. Anak anak juga bosan terlalu lama berdiam di rumah ,  Bersemedi ,bertapa dan menungggu wangsit kapan badai corona berlalu.  mereka juga sudah rindu untuk melihat tangan tangan guru menari nari dengan spidol nya di papan tulis, mereka juga rindu ingin dengar suara merdu gurunya yang  suka ngoceh di kelas. Dan yang tak kalah pentingnya mereka juga sudah rindu dengan teman temannya.

Menyikapi wacana pemerintah untuk hidup  New Normal , merupakan suatu  keterpaksaan hidup yang suka tak suka harus hidup  berdampingan dengan hantu covid  19,kita tidak boleh takut dan panik ,karena hantu hantu itu  juga memiliki kelemahan. Selama kita rajin mencuci tanagan sesuai dengan aturan kesehatan, jaga jarak, Menggunakan Masker, menghindari kontak langsung pada penderita hantu covid 19   dan  biasakan  berprilaku pola hidup sehat Insa Allah hantu hantu itu tidak bisa menghampirimu 
Untruk mensiasati  New normal  agar kegiatan belajar mengajar tatap muka  di sekolah dapat terlaksana  walaupun tidak maksimal kususnya di daerah yang bukan zona merah maka perlu di lakukan dan di persiapkan  :                     

1. Penyemprotan Di infestan minimal semingggu  3 kali 
2.Pengadaan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun nya dengan menggunakan air mengalir di depan kelas masing masing
3.Menjaga kebersihan lingkungan sekolah secara menyeluruh.
4. Untuk mengetahui siswa yang sehat sebaiknya perlu diadakan Rapid Tes    
5.  Sosialisasi bahwa virus dapai berpindah melalui makanan, maka anak di anjurkan membawa bekal makanan dari rumah.      
6. Pengadaan alat pengukur suhu badan                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
Bila komponen komponen diatas   sudah terpenuhi, maka kita tentukan alokasi materi pelajaran, jumlah rombel,jadwal pelajaran dan tehnis pelaksanaan. Dalam kondisi new normal kita tidak bisa mematok target kurikulum tetapi kita berupaya agar anak tetap bisa belajar tatap muka di sekolah walaupun tidak maksimal.

Khusus untuk mata pelajaran di SMP  ada  10 mapel . masing masing kita pukul rata seminggu satu jam tatap muka untuk setiap rombel satu mapel. Untuk menghindari kerumunan masa  tiap kelas  di bagi tiga kelompok rombongan belajar  .  Sebagai contoh misal kan kelas tujuh di bagi tiga kelompok rombel . maka tempat belajarnya bisa menggunakan  ruangan kelas delapan  dan ruangan kelas sembilan begitu pula sebaliknya. Untuk kelas delapan dan sembilan .    Dan untuk masing masing kelas kegiatan belajar tatap muka di laksanakan  2 kali  semingu.  Setiap hari ada  5 jam tatap muka untuk lima mapel Contoh  jadwal   sebagai berikut : 

kelas
senin
selasa
rabu
kamis
jumat
sabtu
VII
TM
 TR
TR
 TM
TR
TR
VIII
TR
 TM
 TR
 TR
 TM
 TR
IX
TR
 TR
 TM
 TR
 TR
 TM

Ket .TM = Tatap muka               Ada 5 Mapel                TR   = Tugas Rumah
   

Jadwal diatas itu baru menentuan penetapan hari menurut tingkatan kelas,  untuk   perkelas belum  di pecah atas   tiga kelompok rombel . untuk sekolah kecil yang rombel 3 dan ruangan kelas 3 di pecah  menjadi sembilan rombel rosternya bisa dibuat satu lembar ( 1 karton ) tetapi bagaimana dengan sekolah yang memiliki 20 rombel dengan 20 ruang kelas kalau di pecah  menjadi 60 rombel. Maka sebaiknya rosternya di  buat 3 buah menurut tingkatan kelas.

Melalui pola ini setiap anak dapat bertatap muka dengan  guru mapel nya walaupun seminggu sekali itu pun hanya satu jam . waktu yang sedikit ini bisa di maanfatkan sebaik mungkin  dan selebihnya berupa  pemberian   tugas yang bisa di kerjakan di rumah. Kegiatan tatap muka di sesuaikan dengan perkembangan  wabah hantu Corona, bila berangsur landai bisa tiga hari seminggu denagn jumlah kelompok belajar  2 rombel tiap kelas dan seterusnya sampai normal 6 hari semingggu.

Sebagai seorang guru,aku juga rindu dengan canda tawa murid muridku yang lugu. Aku memaklumi apa yang kamu inginkan.  Tidak ada akar rotan pun jadi, tidak perlu muluk muluk yang penting berarti.. satu kata dari guruku telah membuka   cakrawala ku, satu goresan tulisan guruku  telah membangkitkan semangatku.  Bukan daring yang ku dambakan tetapi goresan tangan di papan tulis dan  ocehan suara merdu guruku  sangat ku dambakan   sebagai  “ OBAT  RINDU MENUJU BADAI BERLALU   “ 

 Ini  sekedar uneg uneg kami , keputusan tetap di Pak Menteri....                               


 

Komentar

Posting Komentar